Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2010

Hari Pahlawan
10 November adalah hari peringatan Pahlawan yaitu lebih merujuk pada Pertempuran Surabaya 10 November 1945 antara milisi Nasional Indonesia dan Sekutu, yang merupakan konflik bersenjata yang pada waktu itu adalah Terbesar pertama antara Indonesia dengan Sekutu Asing setelah Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Peristiwa bersejarah itu menjadi momen penting untuk direfleksikan mengingat jasa-jasa para pahlawan begitu besar untuk bangsa ini dan begitu indah untuk dilupakan. Momen sejarah ini mengingatkan kita bahwa kemerdakaan bangsa ini bukan dari hasil pemberian negara lain yang sempat banyak diisukan "Pemberian Amerika" karena sebelum kemerdekaan Indonesia, Sekutu Amerika melepaskan 2 serangan kepada Jepang yang sangat terkenal yaitu bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki yang pada akhirnya Jepang menyerah kepada Sekutu. Padahal hal itu tidak ada hubungannya dengan Kemerdekaan Indonesia, ini murni hasil dari jerih payah pahlawan bangsa ini yang dengan berkorban jiwa dan raga untuk negeri tercinta Indonesia, sampai akhirnya Indonesia Memproklamirkan Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2010 kali ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung memimpin upacara di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

Semoga Indonesia tetap JAYA...

{ 0 Comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment