Objek Wisata Pamijahan

Pamijahan
Pamijahan merupakan objek wisata Religius yang bertempat di Desa Pamijahan Kec. Bantarkalong Kab. Tasikmalaya. Luas area yang menjadi objek wisata kurang lebih 25 Ha.

Objek wisata ziarah Pamijahan kental sekali dengan acara-acara religius dan berbagai ritual agama Islam. Pada hari-hari besar Islam, terutama pada bulan Maulid, lokasi ziarah ini dipadati pengunjung yang berziarah dari berbagai pelosok nusantara.

Di Pamijahan ini terdapat makam Waliyullah yaitu Syekh Abdulmuhyi yang wafat pada usia 80 tahun tepatnya pada tanggal 8 Jumadil Awal tahun 1151 H/1730 M. Semasa hidupnya Beliau adalah seorang penyebar Agama Islam khususnya di Jawa Barat setelah ditugaskan oleh Gurunya Syekh Abdul Rouf untuk menetap di Jawa dan menyebarkan agama Islam, dan menetaplah beliau di Pamijahan hingga akhirnya beliau wafat. Maka tak heran jika di hari-hari besar Islam, Wisata ziarah Pamijahan dibanjiri para pejiarah dari berbagai kota/pelosok.

Di tempat itu pun ada Gua yang bernama Gua Saparwadi tempat Syekh Abdulmuhyi dahulu tinggal yang konon Gua tersebut ada pintu berangkat ke Makkah dalam waktu yang sangat singkat. Saya pun pernah melihatnya, tapi kebenaranya Wallahu'alam...

{ 0 Comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment