Dampak Album Keseimbangan Iwan Fals terhadap Lingkungan Alam

Keseimbangan, Oi menanam bersama Iwan Fals
Keseimbangan merupakan Album Iwan Fals yang ke-34 yang diluncurkan pada awal-awal tahun 2010. Pesan moral dari album tersebut lebih menjurus kepada pelestarian alam dalam rangka penyelamatan bumi yang kian rapuh akibat rakus manusia dengan cara penanaman pohon (penghijauan kembali).

Jiwa kecintaan Iwan Fals terhadap lingkungan alam melekat dalam dirinya sejak dulu kala dan tercurah dalam lagu-lagu lawasnya seperti lagu yang berjudul “Hijau tahun 1992, Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi” dll, hingga akhirnya Iwan Fals memantafkan niat mulianya dalam album Keseimbangan dan diimplementasikan dengan tindakan nyata. Album tersebut menliputi: Hutanku, Pohon Untuk Kehidupan, Tanam Siram Tanam, ^o^ DLL.

Iwan Fals bersama Oi (fans berat Iwan Fals) terus berkampanye dalam rangka penyelamatan bumi, hingga kini banyak program yang lahir dari album Keseimbangan ini yang telah diimplementasikan terhadap Lingkungan Alam yang berharap berdampak besar kelak, diantaranya:
  • KESEIMBANGAN Oi Menanam bersama Iwan Fals. yang dilaksanakan di beberapa Kota/Kabupaten di Indonesia.
  • Perjalanan Spiritual Iwan Fals bersama Ki Ageng Ganjur ke Pesantren. yang diawali dengan penanaman puluhan pohon di lingkungan Pesantren.
  • One Billion Indonesian Trees (Penanaman Satu Milyar Pohon)
Dan banyak lagi yang lainnya…

Semoga ini menyadarkan para Wakil Rakyat (para pembuat kebijakan) akan pentingnya  pelesiran alam Pelestarian Alam.

Raung Buldozer gemuruh pohon tumbang, berpadu dengan ijerit si rimba raya, tawa kelakar badut-badut serakah, dengan HPH berbuat semaunya. Lestarikan alam hanya celoteh belaka, lestarikan alam mengapa tidak dari dulu saja oh mengapa... jelas kami kecewa menatap rimba yang dulu perkasa kinit inggal cerita pengantar lelap si buyung...

{ 0 Comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment